C. Penyebaran virus secara sengaja

Penyebaran virus pada umumnya dilakukan dengan menggunakan email.Sering kali orang yang sistem emailnya terkena virus tidak menyadari hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui emailnya.

Penyebaran virus dengan sengaja, ini adalah salah satu jenis kasus cyber crime yang terjadi pada bulan Juli 2009, Twitter (salah satu jejaring social yang sedang naik pamor di masyakarat belakangan ini) kembali menjadi media infeksi modifikasi New Koobface, worm yang mampu membajak akun Twitter dan menular melalui postingannya, dan menjangkiti semua follower. Semua kasus ini hanya sebagian dari sekian banyak kasus penyebaran malware di seantero jejaring social. Twitter tak kalah jadi target, pada Agustus 2009 diserang oleh penjahat cyber yang mengiklankan video erotis. Ketika pengguna mengkliknya, maka otomatis mendownload Trojan Downloader.Win32.Banload.sco.

Modus serangannya adalah selain menginfeksi virus, akun yang bersangkutan bahkan si pemiliknya terkena imbas. Karena si pelaku mampu mencuri nama dan password pengguna, lalu menyebarkan pesan palsu yang mampu merugikan orang lain, seperti permintaan transfer uang . Untuk penyelesaian kasus ini, Tim keamanan dari Twitter sudah membuang infeksi tersebut. Tapi perihal hukuman yang diberikan kepada penyebar virusnya belum ada kepastian hukum.

Selain itu biasanya motif dari kasus penyebaran virus ini tujuannya yaitu untuk uji coba VirusYang telah dibuat dengan fasilitas media downoad seperti contohnya:
– 4shared
– ziddu
– cnet.com
– softpedia.com
– tube8.com
dll.

para pembuat virus sengaja menyusupkan virus-virus tersebut ke media sharing folder,music,video,bahkan sampai software pun ikut menjadi sasarannya.Untu mencegah dari kejahatan tersebut biasa nya kita harus waspada dalam mendownload di internet,biasanya korban dari kejahatan tersebut adalah masyarakat yang awam akan dunia internet,sebagai pengalaman dari beberapa teman saya menjadi salah seorang korban pada kasus tersebut,laptop bahkan handpond mereka blank hitam yang diakibatkan karena salah satu virus yang di download dengan laptop maupun ponsel yang dapat menyebar ke seluruh file dan folder yang tersimpan jika salah satu software.exe hendak diinstal.sekilas dari pengalaman tersebut di paparkan bahwa virus memang benar disusupkan di dalam beberapa file,folder,musik,video bahkan software yg berektensi .exe .iso .bat .dat dll yang sedikit kita kenal dengan salah satu virus ramnit, trojan, dll yang akan terinfeksi ke media website,dekstop,laptop,handpon,server,video,musik dll.